Buku Pegangan Pembelajaran HOTS PKB PKP

Beritane – Buku Pegangan Pembelajaran HOTS PKB PKP

Peran guru profesional dalam pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar peserta didik dan menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Guru profesional adalah guru yang kompeten dalam membangun dan mengembangkan proses pembelajaran yang baik dan efektif sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang pintar dan pendidikan yang berkualitas.

Hal tersebut menjadikan kualitas pembelajaran sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam meningkatkan mutu pendidikan terutama menyangkut kualitas lulusan peserta didik.

Pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS). merupakan upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan.

Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang pada tahun 2018.

Telah terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS).

Peningkatan kualitas peserta didik salah satunya dilakukan oleh guru yang berfokus pada peningkatan kualitas pembelajaran di kelas. dengan berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Desain peningkatan kualitas pembelajaran ini merupakan upaya peningkatan kualitas peserta didik yang pada akhirnya meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia.

Sejalan dengan hal tersebut, maka diperlukan sebuah buku pegangan guru yang memberikan keterampilan mengembangkan pembelajaran. yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas lulusan peserta didik.

Guru sebagai pendidik pada jenjang satuan pendidikan anak usia dini, dasar, dan menengah memiliki peran yang sangat penting.

dalam menentukan keberhasilan peserta didik sehingga menjadi determinan peningkatan kualitas pendidikan di sekolah.

Implementasi Kurikulum 2013 yang menjadi rujukan proses pembelajaran pada satuan pendidikan, sesuai kebijakan. perlu mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Tercapainya pembelajaran yang berkualitas idealnya menghasilkan sikap yang baik, pengetahuan yang mumpuni dan keterampilan yang terakumulasi pada diri peserta didik.

Buku Pegangan Pembelajaran HOTS PKB PKP

Melalui proses pembelajaran yang menantang akan memberikan pengalaman belajar bermakna, sehingga pengalaman belajar tersebut. dapat teraplikasikan oleh peserta didik dalam menghadapi permasalahan di kehidupan nyata.

Pemerintah mengharapkan para peserta didik mencapai berbagai kompetensi dengan penerapan HOTS atau Keterampilan Bepikir Tingkat Tinggi.

Kompetensi tersebut yaitu berpikir kritis (criticial thinking), kreatif dan inovasi (creative and innovative), kemampuan berkomunikasi (communication skill). kemampuan bekerja sama (collaboration), dan kepercayaan diri (confidence).

Lima hal yang disampaikan pemerintah yang menjadi target karakter peserta didik tersebut pada sistem evaluasi, yaitu dalam UN dan juga merupakan kecakapan abad 21.

Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skills/HOTS) diterapkan menyusul masih rendahnya peringkat Programme for International Student Assessment (PISA).

Dan Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) dibandingkan dengan negara lain, sehingga standar soal UN ditingkatkan untuk mengejar ketertinggalan.

Pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS).

merupakan program yang dikembangkan sebagai upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK).

dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan.

Dengan memberdayakan komunitas GTK melalui Pusat Kegiatan Gugus/Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK), Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS), Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS). Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS), serta Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah (MKPS).

Buku yang menjadi pegangan dalam mengembangkan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi, dikembangkan dengan tujuan sebagai berikut:

1. Memberikan acuan kepada guru dalam mengembangkan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;

2. Memberikan acuan kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik;

3. Memberikan acuan kepada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial.

Adapun sasaran penggunaan buku ini adalah:

1. Guru jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Bimbingan Konseling (BK), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) serta Pendidikan Luar Biasa (PLB);

2. Kepala sekolah/madrasah sebagai bagian supervisi akademik;

3. Pengawas sekolah/madrasah sebagai bagian supervisi akademik dan manajerial.

Berikut admin kutipkan garis besar Buku Pegangan Pembelajaran HOTS PKB PKP.

BAGIAN I. PENDAHULUAN

A. RASIONAL

B. DASAR HUKUM

C. TUJUAN

D. SASARAN PEDOMAN

BAGIAN II. KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

KONSEPTUAL PEMBELAJARAN BERORIENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS)

1. Konsep Berpikir Tingkat Tinggi

2. Kompetensi Keterampilan 4Cs (Creativity, Critical Thinking, Collaboration, Communication)

3. Amanat Kurikulum 2013 melalui Pendekatan Saintifik

4. Tematik Terpadu

BAGIAN III. ANALISIS SKL, KI, DAN KD

A. ANALISIS SKL, KI, DAN KD

1. Analisis Standar Kelulusan (SKL) dan Kompetensi Inti (KI)

B. PERUMUSAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

BAGIAN IV. MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

A. PENENTUAN MODEL PEMBELAJARAN

1. Model Discovery/Inquiry Learning

2. Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL)

3. Model Pembelajaran Project-Based Learning

B. STRATEGI MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

BAGIAN V. DESAIN PEMBELAJARAN

A. PRINSIP PEMBELAJARAN

B. MEMAHAMI BENTUK PERTANYAAN

C. CONTOH PEMBELAJARAN DENGAN TEHNIK BERTANYA

D. LANGKAH DESAIN PEMBELAJARAN

1. Contoh Jenjang SD

2. Contoh Jenjang SMP

3. Contoh Jenjang SMA

4. Contoh Jenjang SMK

E. PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

F. PENILAIAN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN

1. Penilaian Sikap

2. Penilaian Pengetahuan

3. Penilaian Keterampilan

BAGIAN VI. PENUTUP

Bagi anda yang membutuhkan Buku Pegangan Pembelajaran HOTS PKB PKP dapat mengunduhnya di sini.

Demikianlah info pendidikan terkait Buku Pegangan Pembelajaran HOTS PKB PKP yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat.

Bagi anda yang menginginkan artikel terbaru dari bertema.com. silahkan klik pada Notify me of new post by email yang ada di bawah artikel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.