Perangkat Pemetaan Mutu SMK Tahun 2019

Beritane.com – Perangkat Pemetaan Mutu SMK Tahun 2019.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 28 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah

dalam pasal 6 ayat (2) dinyatakan bahwa siklus kegiatan memetakan mutu pendidikan di tingkat satuan pendidikan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan;

membuat perencanaan peningkatan mutu yang dituangkan dalam Rencana Strategis Pembangunan Pendidikan;

dan memfasilitasi pemenuhan mutu di seluruh satuan pendidikan pada Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) Pendidikan Dasar dan Menengah

dikembangkan dan dilaksanakan secara berkelanjutan oleh Pemerintah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya.

Pemerintah mengembangkan sistem informasi mutu pendidikan untuk mendukung proses pemetaan mutu pendidikan

yang mengintegrasikan seluruh data dan informasi tentang mutu pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.

Pemetaan mutu pendidikan berdasarkan data dan informasi dalam sistem informasi mutu pendidikan

dilakukan oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dibantu Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dan sekolah.

Instrumen pemetaan mutu pendidikan dasar dan menengah disusun mengacu delapan komponen standar nasional pendidikan

yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan, instrumen akreditasi yang disusun oleh Badan Akreditasi Nasional dan peraturan terkait lainnya.

Diharapkan kepada seluruh pihak yang berkepentingan dalam pemetaan mutu pendidikan dasar dan menengah khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mempelajari dan memahami perangkat instrumen ini.

Kuesioner Perangkat Pemetaan Mutu SMK Tahun 2019

Sekolah dapat membentuk tim yang terdiri Kejuruan pihak-pihak relevan agar dapat mengawal proses pengumpulan data dan informasi pemetaan mutu berjalan optimal.

Kepala sekolah dan tim yang terlibat dalam pengisian hendaknya mempelajari secara seksama setiap butir pernyataan pada masing-masing komponen. dengan membaca bagian panduan teknis pengisian kuesioner yang dijabarkan pada bagian setelahnya.

Kepala sekolah dan tim dapat berkonsultasi dengan pengawas sekolah atau petugas pemetaan mutu daerah atau Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan. untuk memperoleh informasi dan klarifikasi lebih lengkap terhadap setiap butir pertanyaan pada instrumen.

Seluruh butir pertanyaan harus dijawab dan diisi sesuai dengan keadaan sebenarnya dengan mengacu pada bukti fisik dan non-fisik yang ada di sekolah.

Jawaban untuk setiap butir pertanyaan perlu diteliti kembali secara seksama sebelum dikirimkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pemberian jawaban untuk pilihan bertanda O dilakukan dengan menyilang (X) salah satu tanda dan untuk pilihan bertanda dilakukan dengan menyilang (X) satu atau lebih tanda.

Kuesioner Pemetaan Mutu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berisi kumpulan kuesioner yang diperuntukkan bagi:

1. Kepala sekolah

2. Guru Mata Pelajaran /Guru Kelas

3. Siswa Kelas 10 s.d. 12 SMK

4. Komite sekolah / Orang tua siswa

Kuesioner Perangkat Pemetaan Mutu SMK Tahun 2019 selengkapnya dapat Anda Unduh di sini.

Baca Juga:

1. Perangkat Pemetaan Mutu SD Tahun 2019

2. Perangkat Pemetaan Mutu SMP Tahun 2019

3. Perangkat Pemetaan Mutu SMA Tahun 2019

Demikianlah informasi dari Beritane.com terkait Perangkat Pemetaan Mutu SMK Tahun 2019, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.