Petunjuk Teknis (Juknis) Aplikasi Keluarga Sehat

Beritane.com – Petunjuk Teknis (Juknis) Aplikasi Keluarga Sehat.

Data dan informasi merupakan sumber daya yang sangat strategis bagi suatu organisasi yang melaksanakan prinsip-prinsip manajemen modern.

Hal ini digunakan sebagai masukan dalam proses pengambilan keputusan.

Di bidang kesehatan, kebutuhan akan data dan informasi yang evidence based sangat besar baik di kabupaten/kota untuk operasionalisasi program, di provinsi untuk penentuan strategi program, maupun di pusat untuk menentukan kebijaksanaan nasional.

Kebutuhan data dan informasi kesehatan dapat dipenuhi melalui penyelengaraan system informasi kesehatan dengan meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas, di antaranya melalui peningkatan kinerja Puskesmas.

Agar sumber daya yang ada dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien, maka upaya-upaya tersebut diselenggarakan secara terintegrasi sejak dari perencanaan sampai ke pelak-sanaan, pemantauan dan evaluasinya.

Sasarannya pun difokuskan kepada keluarga, dengan dihidupkannya kembali “Pendekatan Keluarga”.

Dalam rangka mendukung Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga yang merupakan salah satu dari Agenda ke-5 Nawa Cita,

yaitu Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia. Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga ini selanjutnya sudah dituangkan ke dalam bentuk rencana jangka menengah yang merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019,

melalui Keputusan MenteriKesehatan R.I. Nomor HK.02.02/Menkes/52/2015 tentang Rencana Strategis KementerianKesehatan Tahun 2015-2019.

Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan kesehatan pertama merupakan kuncidalam pelaksanaan pembangunan kesehatan menuju Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga.

Pendekatan keluarga adalah pendekatan pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas yang mengintegrasikan UKP dan UKM secara berkesinambungan kepada keluarga berdasarkan siklus hidup dari pelayanan kesehatan pada ibu hamil sampai lansia.

Pelaksanaan pembangunan kesehatan menuju Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga melibatkan peran serta jaringan, jejaring Puskesmas dan masyarakat.

Upaya yang dilakukan dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada di masyarakat salah satunya ialah Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM).

Petunjuk Teknis (Juknis) Aplikasi Keluarga Sehat

Pengembangan dan pembinaan UKBM yang ada di desa dilakukan dalam rangka pemberdayaan kemandirian masyarakat.

Puskesmas memiliki peranan dalam membina UKBM untuk menyelaraskan pelaksanaan pembangunan kesehatan yang selaras, terintegrasi, dan berkesinambungan agar terwujudnya Indonesia Sehat.

Dengan demikian Puskesmas harus mampu membangun suasana yang kondusif dalam mengoptimalkan peran serta UKBM untuk berpartisipasi pada pelaksanaan pendekatan keluarga.

Sehubungan dengan Program Kesehatan Keluarga tersebut maka, dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan akan data kesehatan yang up to date

serta sesuai dengan Pedoman Umum Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga yang di dalamnya terdapat Buku Pedoman Teknis Penguatan Manajemen Puskesmas

Melalui Pendekatan Keluarga dimana di dalam pedoman teknis ini terdapat klausa serta pembahasan mengenai dukungan teknologi informasi terhadap proses pengumpulan data lapangan,

electronic data processing (EDP), penyajian data agregat Indikator Keluarga Sehat (IKS) berbasis kewilayahan,

dan seterusnya maka untuk mendukung terlaksananya Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga,

Pusat data dan informasi perlu mengembangkan suatu aplikasi yang didesain secara khusus untuk mengakomodir kebutuhan para enumerator (surveyor tingkat lapangan yang berkunjung ke rumah-rumah warga),

para Kepala Puskesmas, Dinkes Kabupaten/Kota dan Propinsi, Kementerian Kesehatan dan para pemangku kepentingan lainnya, dengan memperhatikan kondisi infrastruktur di Indonesia baik di tingkat pusat maupun tingkat daerah /lapangan.

Maksud dan tujuan petunjuk teknis pengoperasian software aplikasi Keluarga Sehat adalah sebagai berikut:

1. Maksud petunjuk teknis pengoperasian aplikasi Keluarga Sehat adalah sebagai panduanpengelola program keluarga sehat baik untuk pusat maupun daerah dalam mengopera-sikan aplikasi Keluarga Sehat

2. Tujuan petunjuk teknis pengoperasian aplikasi Keluarga Sehat ini adalah tersedianya acuan atau pedoman cara pengoperasian aplikasi Keluarga Sehat

dari mulai membuka aplikasi Keluarga Sehat melalui browser maupun gadget android, login, entry data,

sampai penyajian data indeks keluarga sehat (IKS) pada setiap levelnya dengan akurat, tepat waktu, dapat dipercaya dan juga relevan.

Ruang lingkup petunjuk teknis pengoperasian software aplikasi komunikasi data ini mencakup:

1. Cara mengakses aplikasi keluarga sehat versi web

2. Cara download aplikasi keluarga sehat versi mobile android, dan cara instalasinya

3. Cara memperoleh akun pengguna aplikasi, serta cara melakukan setting pengguna apli-kasi (create, edit, delete)

4. Cara menginput data rumah tangga versi web, serta alur penggunaan import data keluarga dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) maupun Nomor Kartu Keluarga (NKK)

5. Cara menginput data rumah tangga versi mobile android serta alur penggunaan import data individu maupun keluarga dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) maupun Nomor Kartu Keluarga (NKK)

6. Cara melakukan edit data

7. Cara penyajian dashboard data

8. Cara download data

Petunjuk Teknis Juknis Aplikasi Keluarga Sehat

Sistematika Petunjuk Teknis Aplikasi Keluarga Sehat

Petunjuk teknis pengoperasian software aplikasi Keluarga Sehat ini terdiri dari 5 (lima) bab yaitu:

Bab 1 : Pendahuluan.

Menguraikan tentang latar belakang, maksud dan tujuan, ruang lingkup, dan sistematika petunjuk pengoperasian aplikasi Keluarga Sehat.

Bab 2 : Aplikasi Keluarga Sehat versi Web.

Menjelaskan tentang membuka aplikasi Keluarga Sehat versi web dengan menggunakan browser.

Bab 3 : Aplikasi Keluarga Sehat versi mobile android.

Menjelaskan tentang cara download dan instalasi serta tata cara penggunaan aplikasi Keluarga Sehat versi android baik untuk penggunaan online maupun offline dengan menggunakan gadget android.

Bab 4 : Menu Dashboard Data

Menguraikan cara penyajian data dalam bentuk dashboard data

Bab 5 : Penutup

Petunjuk Teknis Juknis Aplikasi Keluarga Sehat, selengkapnya dapat anda unduh di sini.

Demikianlah info terkait Petunjuk Teknis (Juknis) Aplikasi Keluarga Sehat, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.