Tips Tersembunyi OS Windows-10 Wajib Anda Ketahui

Beritane.com – Tips Tersembunyi OS Windows-10

Penyempurnaan Sistem pada Windows selalu dilakukan untuk mempermudah dan memanjakan para pengguna Windows.

Bahkan sampai dengan sekarang Operating System Windows sudah sampai ke seri Windows 10, dan Operating System Windows 10 tergolong sistem operasi terbaru.

Oleh karena Operating System Windows 10 masih baru, tentunya belum semua pengguna memahami semua fitur yang ada pada Operating Systemnya.

Tidak semua fitur pada Operating System Windows 10 (OS Win 10) ditampilkan, namun terdapat fitur yang letaknya tersembunyi.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi Tips untuk menampilkan dan menyembunyikan fitur yang terdapat pada Operating System Windows 10.

Tips Tersembunyi OS Windows-10 Wajib Anda Ketahui

1. Start Menu Tersembunyi

Start Menu yang terdapat pada Windows 10 didominasi oleh Live Tile dan deretan aplikasi lain yang telah terinstall.

Seandainya kita bandingkan dengan Start Menu pada Windows lainnya misalnya seperti Windows 7, sepertinya Start Menu ini kehilangan ke berbagai setting & tool yang penting.

Namun sebenarnya tidak demikian. Kita tinggal klik kanan saja Start Menu pada Windows 10 dan kita akan menemukan Start Menu yang tersembunyi tersebut.

Dimana berisi banyak shortcut ke berbagai tool & setting penting, seperti Run, Task Manager, Windows Powershel, Power Options, dan lain sebagainya.

2. Show Desktop Tersembunyi

Pada saat mengerjakan tugas dengan Laptop maupun Komputer, sering kali kita membuka beberapa jendela (window) secara bersamaan.

Dan pada waktu tertentu kita kepingin kembali ke tampilan desktop. biasanya kita melakukannya dengan meng-klik minimize beberapa jendela (window) yang terbuka.

Sebetulnya terdapat cara yang relatif mudah, namun belum semua pengguna (user) mengetahui hal tersebut.

Cara menyembunyikan seluruh jendela (window) yang terbuka terletak pada bagian paling kanan dari taskbar, disitulah letak tombol untuk Show Desktop.

Silahkan Klik untuk menyembunyikan seluruh jendela (window) yang terbuka untuk menampilkan desktop, kemudian klik lagi untuk mengembalikannya.

Selain itu kita juga dapat melakukannya dengan menekan tombol Windows + D untuk menyembunyikan seluruh windos yang terbuka.

Sedangkan untuk mengembalikannya ke jendela (window) semula, kita tinggal mengulang menekan Windows + D. maka semua jendela (window) yang tadi tersembunyi akan terbuka kembali.

3. Membuat Dokumen Menjadi File PDF

Pada saat kita khawatir akan keamanan dokumen yang telah kita buat, pasti kita berpikir akan mengganti dari format .docx ke format PDF.

Karena dokumen dengan format PDF dapat menghambat seseorang untuk mengganti isi dokumen melalui menu Edit, Copy maupun Paste.

Nah, bagi kita pengguna OS Windows 10 tidak perlu lagi menggunakan aplikasi untuk mengubah dokumen apapun menjadi PDF.

Karena Windows 10 telah dilengkapi dengan Microsoft Print to PDF. Dengan menu ini kita bisa merubah dokumen apapun menjadi file PDF dengan sangat mudah.

Caranya: buka dokumen yang akan kita ganti menjadi dalam format PDF, lalu masuk pada pilihan printer.

Selanjutnya akan muncul jendela (window) dimana kita akan menyimpan file PDF, dan akhirnya file PDF anda sudah jadi.

4. Screenshot Area

Pada waktu tertentu, kita pasti kepingin memiliki gambar atau image yang ada di internet ataupun file lainnya.

Untuk melakukannya kita dapat mengambil gambar tersebut dengan cara melakukan Screenshot pada gambar yang kita inginkan.

Dan ternyata Windows 10 menyediakan fasilitas Screenshot, namun fasilitas tersebut tersembunyi. Cara menampilkannya dengan menkan kombinasi tombol Windows + Shift + S.

Screenshot yang tadi kita ambil akan secara otomatis tersimpan di clipboard, selanjutnya kita bisa pastekan gambar melalui paint ataupun aplikasi lainnya.

5. Split Screen

Pada saat kita mengerjakan tugas, terkadang kita membuka dua file atau lebih dengan tujuan untuk saling melengkapi isi dari dokumen yang kita kerjakan.

Nah untuk itu kita teidak perlu melakukan buka tutup file satu dengan lainnya, namun kita dapat membuka dua file atau lebih secara bersamaan.

Sayangnya fitur penting ini jarang dimanfaatkan oleh pengguna Windows 10 keterbatasan pemahaman dan fitur ini seakan tersembunyi.

Ternyata cara membuka dua window secara berdampingan cukup mudah, yaitu kita tinggal drag saja satu window ke sebelah kiri. dan window lainnya ke sebelah kanan.

Cukup mudah bukan?

Dan setelah berada dalam mode split screen ini, kita bisa menggeser-geser untuk mengubah ukuran tampilan window sesuia yang kita inginkan.

6. Fokus Window

Pada saat kita membuka beberapa window dan ingin fokus pada satu window saja, pasti yang kita lakukan adalah dengan meminimize window lainnya.

Padahal dengan OS Windows 10 sebenarnya kita dapat melakukannya dengan cara yang lebih mudah dan lebih cepat.

Yaitu dengan cara menggoyangkan window yang kita inginkan (fokuskan), maka window lainnya bakal disembunyikan.

Untuk mengembalikan seperti semula, kita goyangkan sekali lagi maka semua window akan tampil kembali seperti semula.

7. Slide to Shutdown

Slide to Shutdown Ini adalah fitur dimana kita dapat mematikan Windows dengan cara slide ke bawah yang dikenal dengan Slide to Shutdown.

Pada Windows 10 juga ada fitur tersebut, namun fitur ini seakan-akan d isembunyikan.

Nah, untuk menggunakannya kita tinggal membuat shortcut dengan cara klik kanan desktop > New > Shortcut. dan isikan: %windir%\System32\SlideToShutDown.exe

Shortcut tersebut maka akan muncul sebuah slider shutdown, dan ketika kita tarik ke bawah maka akan membuat komputer shutdown.

Tips Tersembunyi OS Windows-10

8. Virtual Desktop

Pada OS Windows 10 dilengkapi juga dengan Virtual Desktop.

Lazimnya para pengguna Windows akan membuat beberapa virtual desktop dengan cara menekan tanda +. Selanjutnya dapat membuka aplikasi di masing-masing Virtual Desktop tersebut.

Namun sebenarnya kita dapat membuat virtual Destop dengan cara drag & drop.

Jadi di desktop utama langsung saja buka semua aplikasi yang kamu inginkan agar tak ada yang ketinggalan.

Langkah selanjutnya buka task view dan kita tinggal melakukan drag & drop pada masing-masing window ke virtual desktop yang berbeda.

Selain itu kita juga dapat melakukan drag window ke tanda + untuk membuat Virtual Desktop baru.

9. Bash Linux

Pada OS Windows 10 sebenarnya telah diintegrasikan system OS Linux, namun sebagian besar pengguna belum mengetahui fitur tersembunyi ini.

Bash Linux bisa kita manfaatkan untuk keperluan pengembangan program. misalnya, kita dapat menginstall dan menjalankan aplikasi Linux yang diperlukan melalui Command Prompt.

Sedangkan cara untuk mengaktifkan Bash Linux, adalah dengan cara buka Turn Windows features on or off > pilih Windows Subsystem for Linux (beta) > restart Windows.

Selanjutnya silahkan buka melalui Settings > Update & security > For developers > pilih Developer mode.

Langkah selanjutnya selahkan buka Command Prompt as Admin > ketikkan Bash > Enter > dan jika ada konfirmasi instalasi, tekan y.

Dengan demikian Windows akan otomatis menginstall Bash dan masukkan username dan password.

Apabila kita ingin menggunakan Bash Linux, kita tinggal ketikkan saja Bash di Command Prompt.

10. Command Prompt Transparan

Pada umumnya background Command Prompt identik dengan warna hitam kontras.

Namun pada Windows 10 sebenarnya kita dapat mengganti warna background dan teks sesuai keinginan kita dan bahkan kita juga dapat menjadikannya transparan.

Caranya adalah buka Command Prompt > klik kanan Title Bar > Properties > Color > dan silakan ubah warna background / teks sesuai keinginan kita.

Baca: Cara Membuat Dokumen Ms-Word Tidak Bisa di Edit

Demikianlah info Tips Tersembunyi OS Windows-10, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Bagi anda yang menginginkan artikel terbaru dari beritane.com. silahkan klik pada Notify me of new post by email yang ada di bawah artikel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.